Minggu, 03 September 2023

Ambalan Kholiwarada Gelar Upacara dan Lomba Dalam Rangka Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023

Prosesi Pengibaran Bendera Merah Putih, Pada Hari Pramuka Tahun 2023. Senin (14/08/2023)
Foto: Humas Kholiwarada

Ambalan Kholiwarada- Ambalan Kholiwarada, Gugus Depan MAN 1 Probolinggo, menggelar Upacara Hari Pramuka dan Lomba Kepramukaan dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-62 pada Senin, 14 Agustus 2023. Upacara tersebut diikuti oleh tiga tingkatan pramuka, yakni pramuka siaga (SDN Karanganyar 1), penggalang (MTsN 1 Probolinggo), serta penegak (MAN 1 Probolinggo).

Upacara yang digelar di Lapangan MAN 1 Probolinggo tersebut diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih, pembacaan teks Pancasila, dan pembacaan Dasa Darma Pramuka. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, Bapak Samsur, bertindak sebagai pembina upacara. Dalam amanatnya, Bapak Samsur menitipkan pesan kepada para anggota Pramuka untuk selalu menerapkan nilai-nilai yang ada dalam Dasa Darma Pramuka.

"Anak-anak sekalian, dalam Pramuka kita ditanamkan jiwa patriotisme, disiplin, dan mandiri yang sesuai dengan nilai-nilai dalam Dasa Darma Pramuka. Oleh karena itu, kalian harus selalu menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari," ujar Bapak Samsur.

Setelah upacara, dilanjutkan dengan tiga perlombaan kepramukaan, yaitu lomba yel-yel, lomba menggambar poster, dan lomba kuis kepramukaan. Lomba-lomba ini diikuti oleh perwakilan dari masing-masing kelas di MAN 1 Probolinggo. 

Lomba yel-yel berlangsung dengan sangat meriah. Para peserta lomba saling bersemangat untuk menampilkan yel-yel terbaik mereka. Lomba menggambar poster juga berlangsung dengan seru. Para peserta lomba menunjukkan kreativitas mereka dalam menggambar poster yang bertemakan "Pramuka Peduli Lingkungan".

Sementara itu, lomba kuis kepramukaan berlangsung dengan cukup ketat. Para peserta lomba harus menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar Pramuka dengan benar.


Setelah melalui persaingan dan penilaian yang ketat, akhirnya diperoleh juara sebagai berikut:

Juara Lomba Yel Yel:

XI B Juara 1 Lomba Yel-Yel

XII MIPA 2 Juara 2 Lomba Yel-Yel 

XI A Juara 3 Lomba Yel-Yel

Juara Lomba Menggambar Poster:

XD Juara 1 Lomba Menggambar poster

XII IIS 2 Juara 2 Lomba Menggambar poster 

XC Juara 3 Lomba Menggambar poster 

Juara Lomba Kuis Kepramukaan:

XII IIK Juara 1 Lomba Kuis Kepramukaan 

XII MIPA 2 Juara 2 Lomba Kuis Kepramukaan 

XI A Juara 3 Lomba Kuis Kepramukaan 

Akhirnya, lomba kepramukaan ditutup dengan pengumuman pemenang. Para pemenang lomba mendapatkan hadiah berupa piala, piagam penghargaan, dan uang pembinaan.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan motivasi anggota pramuka untuk terus belajar dan berkarya. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan patriotisme di kalangan generasi muda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar