Selasa, 02 Januari 2024

Gelar Kegiatan Penempuhan Atribut: Atribut Ambalan Bukan Sekedar Identitas, Melainkan Wujud Kesadaran Diri

Prosesi Meminum Air 7 Rasa, Penyiraman Air 7 Rupa, Dan Penyematan Atribut Ambalan Kholiwarada. Kamis (28/12/23)
Foto: Humas Kholiwarada 


Ambalan Kholiwarada- Ambalan Kholiwarada Gugus Depan 19.081-19.082 MAN 1 Probolinggo, sukses menggelar kegiatan penempuhan atribut pada tanggal 27-28 Desember 2023. Kegiatan ini diikuti oleh anggota Ambalan Kholiwarada angkatan 26.

Kegiatan penempuhan atribut ini dibuka dengan apel pembukaan yang dipimpin oleh Kak Samsudi. Dalam apel tersebut, Kak Samsudi memberikan pengarahan kepada para peserta penempuhan atribut agar mengikuti kegiatan dengan serius dan penuh semangat.

Kak Samsudi juga menekankan bahwa di Ambalan Kholiwarada sebuah atribut bukanlah segalanya, yang utama itu adalah kompetensi anggota itu sendiri, Ia mengibaratkan sebuah gelas yang terisi oleh air. "Gelas itu penting, tapi yang jauh lebih penting itu adalah isinya. Janganlah terlalu terfokus pada gelas, tapi berfokuslah pada isinya." Ujar Kak Samsudi. 

Setelah apel pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan atribut. Pembekalan ini disampaikan oleh para pencipta atribut ambalan yang telah ditunjuk untuk mengisi pembekalan. Pembekalan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang makna dan filosofi setiap atribut yang akan ditempuh.

Pembekalan atribut yang disampaikan meliputi:

  • Atribut Topi Ambalan oleh Kak Raudlatul Jannah
  • Atribut Scraft Ambalan oleh Kak Nikmatus Subairiyah
  • Atribut Kaos Ambalan oleh Kak Ike Milawati
  • Atribut Badge Ambalan oleh Kak Samsudi
Setelah memahami makna dan filosofi setiap atribut yang disampaikan dalam pembekalan, para anggota mulai ditempa dalam kegiatan jelajah malam. Dalam kegiatan jelajah malam setiap anggota diuji sebelum dinyatakan layak menyandang atribut ambalan.

"Disini para anggota diuji seberapa paham akan atribut yang akan ditempuh dan seberapa gigih mereka dalam mendapatkan atribut tersebut." Ujar Kak Mikael selaku Sie Kegiatan.

Setelah jelajah malam, kegiatan dilanjutkan dengan renungan malam. Renungan malam ini bertujuan untuk merenungkan kembali diri kita dari sejak lahir hingga saat ini. Peserta diajak untuk mengingat-ingat apa saja yang telah mereka lakukan kepada orang tua dan apa yang telah mereka berikan kepada mereka.

Kegiatan penempuhan atribut ini ditutup dengan upacara penyematan atribut. Dalam upacara ini, para peserta yang telah lulus mengikuti pembekalan dan jelajah malam secara resmi menyandang atribut ambalan. 

"Kegiatan penempuhan atribut adalah salah satu kegiatan dalam ambalan kholiwarada. Dimana kegiatan ini dapat mengajarkan peserta bagaimana perjuangan untuk mendapatkan atribut ini, dan mereka juga bisa lebih bertanggung jawab untuk menjaga barang tersebut. Tetapi yang paling penting adalah niat mereka untuk mendapatkan atribut ini." Ujar Kak Ayu selaku Ketua Pelaksana



Tidak ada komentar:

Posting Komentar